Halo visitor, selamat sore. Waktu sekarang adalah jam 15:36:59 (WIB).

Ini adalah post awal untuk serangkaian post berikutnya dalam topik Template XtGem Blog yang mirip MyWapBlog versi mobile atau ponsel sekaligus membagikan CSS MyWapBlog type Default tema mirip Dashboard MWB. Artikel akan saya bagi nanti dalam 3 bagian: Info Dasar tentang Template tercakup dalam postingan ini, File Script dan Cara Penginstalan Template di XtGem dan artikel terakhir yaitu tentang Cara Pengelolaan atau Pengaturan Blog, yang akan di publikasi pada kesempatan berikutnya.

Pada post ini saya akan beberkan beberapa fitur Template Blog hasil kerja keras saya mendesign ulang script template XtBlog asli dalam semua aspeknya, termasuk halaman HTML-nya, yang cukup rumit. Dan nanti pada akhir post akan bagikan sebuah CSS MyWapBlog type Default dengan tema Dashboard MWB tadi, hasil kreasi saya di sela kesibukan menyusun template XtGem Blog ini.

Apa itu XtGem Blog?
Blog adalah salah satu fitur layanan yang disediakan XtGem bagi penggunanya di samping layanan utamanya yaitu Wap Building, yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk belajar dalam hal pengkodeaan untuk mengembangkan desain maupun menambahkan fitur lain untuk blog miliknya.

Fitur apa yang ada pada Template XtGem Blog mirip MyWapBlog ini?

  • Stylesheet, support semua CSS MyWapBlog type Default sehingga tidak perlu pusing memikirkan style.
  • Ada random Related Post yang ditampilkan dalam mode Single Post yang terletak di bawah form Komentar. Default adalah 3 judul artikel namun bisa ditambah secara manual melalui edit script.
  • Support Kategori List di bagian bawah Navigasi termasuk penghitung jumlah post pada tiap kategori.
  • Kategori dapat dibuat secara manual oleh pengguna sesuai kebutuhannya.
  • Support Javascript. Jelas sebab ini adalah XtGem.
  • Pada form pembuatan post baru, ada pilihan untuk mengaktifkan penggunaan parse HTML atau tidak dalam isi postingan dan isi pesan komentar. Jika tidak, mode BBCode aktif.
  • Jumlah post yang ditampilkan pada halaman Home Page bisa di atur manual sesuai keinginan pada script halaman Home Page.
  • Jumlah komentar setiap post bisa diatur manual. Opsi lain, Anda bisa mengatur tampilan, komentar terbaru akan ditampilkan pertama atau sebaliknya. Ada juga opsi lain untuk menonaktifkan komentar dan mengaktifkan restrictid user login untuk berkomentar seperti di MyWapBlog.
  • Bahasa untuk kalimat pada bagian menu tertentu bisa di ubah pada kode XtFunction XtBlog di dalam halaman Home Page.
  • Ada script cookies untuk menghitung jumlah kunjungan pada sebuah halaman artikel post oleh seorang visitor.
  • Iklan XtGem sudah saya atur agar pindah ke bagian bawah halaman.
  • SEO Friendly. Teknik SEO On Page gampang dilakukan karena Anda bebas mengedit setiap halaman, seperti menambahkan Meta Tag: Keywords, Description, Meta Robot, dan sebagainya.
  • Dan lainnya fitur.

Contoh Demo Halaman Blog:

Untuk File Script dari Template ini akan saya bagikan pada postingan berikutnya, termasuk cara manual penginstalannya dan edit dasar beberapa file. Saya lakukan demikian sebab script terdiri dari banyak bagian, meliputi script XtBlog Twig, XtGuestbook Twig, Halaman HTML, File CSS, dan sebagainya file pendukung Blog, yang masing-masing butuh tutorial tersendiri.

Sebelum berakhir, seperti janji di awal artikel, kali ini saya akan bagikan lagi sebuah CSS Default yang bertema Dashboard MyWapBlog. Kode import CSS sudah tersedia dalam halaman preview CSS, silahkan lihat contoh tampilannya:

Demikian beberapa informasi yang bisa saya sampaikan. Jika Anda tertarik, nantikan post saya berikutnya. Terima kasih.

Keywords: Mywapblog, Xtblog, Tutorial Xtgem

Signature